Plang pembangunan pasar Badung thn 1977, saat terbakar 2016 dan saat akan diresmikan 2019.

Sumber Foto : nick dewolf/tribunbali/bisnisbali

Pasar Badung merupakan pusat perekonomian kota dan merupakan pasar yg terbesar di kota #Denpasar, berlokasi di Jalan Gajah mada, yaitu jalan utama yang menjadi pusat pertokoan ibu kota propinsi Bali sebelum berkembang seperti sekarang ini. Pasar Badung yg dibangun tahun 1977 menjadi penyangga nadi ekonomi pedagang kecil dan penyedia kebutuhan pokok yg murah meriah. 
Disebut Pasar Badung karena pasar ini berada di atas sungai dengan nama yg sama. Sungai yang melintang panjang dari Gunung Batur sampai ke pantai Suwung. Pasar Badung telah ada sejak jaman Belanda. Dulu namanya pasar periuk karena ditempat itu perajin periuk dari desa Binoh #Ubung menjual aneka macam gerabah mulai dari pane, gebeh, periuk sampai celengan dan caratan. Kemudian ketika jaman merdeka, Pasar Periuk berubah menjadi #pasar#Badung.

Pasar Badung menyimpan sejarah nan panjang. Konon #tukadBadung jadi lintasan pasukan ekspedisi Belanda yg bergerak menuju Pamecutan dari #Denpasar pada peristiwa Puputan Badung 20 September 1906. Perubahan bentuk Pasar Badung dari bentuk semula menjadi bentuk bertingkat seperti sekarang, diresmikan tanggal 24 April 1984.

Aktivitas ekonomi yg tinggi sejalan citra Denpasar sbg kota budaya yg ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri, secara tidak langsung turut berpengaruh thd peningkatan jumlah penduduk, kebutuhan pokok dan barang.

Pasar Badung, Senin (29/2/2016) petang dilalap api. Api yang diduga berasal dari lantai dua ini cepat merambat ke seluruh ruangan dan seluruh lantai. Sulitnya medan di lokasi membuat petugas pemadam yang mengerahkan sekitar 52 mobil pemadam dari Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan ini nampak kesulitan untuk segera memadamkan api hingga pasar ini ludes dilalap si jago merah.

Kini Pasar Badung sdh beda dgn yang dulu dan sore ini akan diresmikan oleh Presiden #Jokowi.

#Sejarah #denpasar#Sejarahdenpasar


Sumber Artikel : nick dewolf/tribunbali/bisnisbali

Berita Terbaru Lainnya

Komentar