Pantai Kusamba, Klungkung, Bali

Sumber Foto : www.anythingbali.com/pantai-kusamba-yang-sarat-sejarah/

Pantai di Bali, ternyata tidak hanya memiliki pasir berwarna putih. Ada pula pantai yang berpasir hitam yang begitu menawan hati, yakni pantai Kusamba. Panorama di pantai ini juga begitu indah dan masih alami.
.
Nama Kusamba berasal dari nama daerah tempat pantai ini berada, yakni Desa Kusamba, Kecamatan Dawun, Kabupaten Klungkung. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mengingat nama pantai ini.
Di sepanjang pantai, anda dapat menyaksikan perahu cadik nelayan yang berjejer di pinggir pantai. Tak hanya itu, pondok-pondok tempat pembuatan garam juga terlihat di sepanjang pantai.
.
Dalam sejarah, desa dan pantai Kusamba sama-sama memberikan arti penting. Dahulu desa Kusamba merupakan ibukota kedua Kerajaan Klungkung ketika dipimpin Ida I Dewa Agung Putra Kusamba. Untuk mendukung pemerintahannya, Ida I Dewa Agung Putra Kusamba pun mendirikan istana di desa ini dengan nama Kusanegara. Selain membangun istana, Kusamba juga ia jadikan sebagai pelabuhan dan benteng kerajaan. Masyarakat di Kusamba kala itu juga mahir dalam membuat keris dan berbagai senjata tajam yang lain.


Sumber Artikel : www.anythingbali.com/pantai-kusamba-yang-sarat-sejarah/

Berita Terbaru Lainnya

Komentar