Pura Yeh Pulu

Oleh : sejarahbali | Dibaca : 798Pengunjung

Sumber Foto :

Salah satu tempat wisata budaya di Bali yang unik dan jarang wisatawan tahu adalah pura Yeh Pulu Ubud Bali. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pura Yeh Pulu Ubud adalah wisatawan asing. Wisatawan domestik sangat jarang mengunjungi objek wisata di Bali ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya promosi akan tempat wisata sejarah ini, untuk wisatawan domestik.
 
Lokasi dari objek wisata Yeh Pulu Bali, berada di desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Karena terletak di desa Bedahulu, pura Yeh Pulu juga sering disebut dengan nama Yeh Pulu Bedulu. 
 
Sejarah relief yang terdapat di lokasi wisata ini, menceritakan tentang sejarah kehidupan masyarakat Bali kuno, pada masa kerajaan Bedahulu. Tidak hanya relief didinding, lubang menjorok kedalam untuk tempat bertapa, juga ada di objek wisata ini. Konon tempat ini digunakan untuk bertapa raja Bedahulu, sebelum beliau kalah berperang melawan kerajaan Majapahit pada tahun 1343.
 
Yeh artinya air dan Pulu artinya gentong yang dulunya digunakan sebagai tempat beras. Gentong ini ditempatkan di bagian barat dari Yeh Pulu relief dan berada tengah tempat air suci. 
 
 
(Sumber : http://www.rentalmobilbali.net/yeh-pulu/)

Sumber Artikel : http://www.rentalmobilbali.net/yeh-pulu/