Misteri Kamar 327 Hotel Grand Inna Bali Beach

Oleh : liputan6 | Dibaca : 1128Pengunjung

Sumber Foto : delcampe.net

Kamar nomor 327 Hotel Grand Bali Beach, di Sanur, Bali, punya kisah tersendiri. Konon kamar ini diperuntukkan khusus untuk almarhum Presiden Soekarno. Ketika hotel ini terbakar di tahun 1993, hanya kamar yang terletak di lantai tiga itu saja yang masih mulus, lolos dari amukan si jago merah.
 
Bagi masyarakat Bali, sebenarnya mempunyai pemimpin yang telah membawa bangsa Indonesia menuju kemerdekaan adalah satu kebanggaan. Apalagi ibunda Bung Karno (BK) berasal dari Kabupaten Singaraja, Bali. Tampaknya, lantaran itu pula kamar di hotel tadi dipercaya menyimpan kekuatan spiritual sang Proklamator.
 
Keyakinan tadi boleh jadi beralasan. Sebab pada saat seluruh bangunan hotel terbakar pada tahun 1993, hanya kamar di lantai tiga itu yang tak terbakar sama sekali. Lantaran keajaiban itu, masyarakat di sana percaya bahwa kamar itu pasti ada "penunggunya", yang notabene milik BK. Padahal menurut pengelola hotel, meski BK pernah tinggal di hotel tersebut, dia tak pernah menempati kamar itu.
 
Kini, kamar yang setiap hari banyak dikunjungi orang untuk berdoa itu dilengkapi berbagai jenis pakaian dan barang-barang. Mulai dari perlengkapan salat, sepatu, kain sarung, baju, kaus, kaca mata, yang seolah-olah milik Sukarno. Bahkan, pada lemari pakaian terdapat satu potong jas putih, seperti yang biasa dikenakan BK. Barang-barang tersebut tetap dijaga keasliannya, terutama sejak terjadi insiden kebakaran.
 
Pengelola hotel setiap harinya selalu menyiapkan makanan serta sesajen khas umat Hindu. Alasannya, sajen itu dijadikan mediator untuk memohon keselamatan pada Tuhan yang Maha Esa. Uniknya, pada setiap peringatan hari ulang tahun BK, hotel itu juga menyediakan menu spesial seperti nasi tumpeng plus berbagai jenis makanan ringan ala pasar tradisional.

Sumber Artikel : http://news.liputan6.com/read/14418/keramat-kamar-bk-di-grand-bali-beach