Anand Khrisna Puji Puri Ubud Lestarikan Budaya

Oleh : Sejarah Bali | Dibaca : 398Pengunjung

Sumber Foto : https://id.wikipedia.org

Gianyar (Antara Bali)- Tokoh spiritual mendunia, Anand Khrisna memuji kokohnya Puri Agung Ubud dalam melestarikan budaya leluhur Bali, sehingga kampung turis Ubud masih bisa eksis seperti saat ini.
 
Dengan canda tawa, tokoh spiritual dunia, Anand Khrisna melayat ke Puri Agung Ubud. Anand yang mengenakan baju serba putih itu nampak santai berbicara dengan tiga tokoh Puri Agung Ubud yakni Tjokorda Putra Sukawati, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan Tjokorda Gede Raka Sukawati.
 
"Saya salut dengan apa yang dilakukan keluarga Puri Agung Ubud dalam mempertahankan sekaligus melestarikan budaya leluhur agama Hindu di Bali," katanya Minggu.
 
Selain salut akan keluarga Puri, Anand yang berbicara pelan namun pasti itu mengaku optimis nasib bangsa Indonesia diperbaiki dari Pulau Bali.
 
"Bali menyimpan sesuatu yang lain, jadi saya optimis bangsa bisa diperbaiki dari sini," jelasnya.
 
Bila perlu, kata pria kelahiran Solo, Jawa Tengah itu Bali membuat partai tersendiri dan bersifat otonom sehingga Bali bisa dijaga kelestariannya tanpa harus lepas dari induknya yakni pemerintah pusat di Jakarta.
 
Bukan hanya soal politik, pria yang juga budayawan itu juga memberikan semacam pengertian soal Dharma, menurutnya Dharma itu bukanlah kebenaran, tetapi melakukan sesuatu dengan tepat itulah Dharma.
 
Setelah dilakukan pembicaraan selama hampir dua jam, salah satu penglingsir Puri Agung Ubud, Tjokorda Putra Sukawati menanggapi apa yang dilakukan keluarga Puri untuk mempertahankan budaya Bali merupakan titah yang harus dilaksanakan.
 
Malahan ke depan, kata Cok Tra demikian pria itu sering disapa akrab dengan tenang mengatakan bilamana perlu kuliner khas Bali seperti "jukut urab" atau sayur dengan bumbu Bali di duniakan.
 
"Dan sudah barang tentu kuliner itu dikemas dengan baik, sehingga pas dilidah wisatawan asing," ujarnya.
 
Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan salut atas kedatangan Anand Khrisna ke Puri Agung, Ubud.
 
"Tak ada maksud apa, Anand datang ke Puri hanya untuk melayat," jelasnya usai mengantar Anand Khrisna di depan gapura Puri Agung Ubud.(*)

Sumber Artikel : http://bali.antaranews.com/