Sejarah Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Oleh : Sejarah Bali | Dibaca : 59Pengunjung

Sumber Foto : http://nusa-penida.info

Pura Goa Giri Putri Pemujaan Dalam Goa Terbesar di BaliKeunikan Pura Goa Giri PutriDi Bali, banyak terdapat goa yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Dalam salah satu goa di Nusa Penida, ada Pura Goa Giri Putri. Keunikan apa saja yang bisa disimak dari keberadaan puraKahyangan Jagat yang terletak di Dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Kecamatan NusaPenida, Kabupaten Klungkung ini? Konon, di zaman Neolithikum dulu manusia hidup tanpa norma, tanpa kaidah, hingga berlakusuatu pola normatif homo-homini lupus — manusia satu menjadi “serigala” bagi manusia yanglain, lantas berlaku hukum rimba, siapa kuat dia menang.Tiap orang berusaha mempertahankanhidup dari keganasan alam, seperti amukan binatang buas, hujan lebat, terjangan angin, dansengatan sinar mentari.

Lalu mereka perlu tempat perlindungan dan reproduksi keturunan demikeberlangsungan hidup. Selain penggunaan goa seperti itu, goa juga konon dijadikan tempat bertapa untuk memohon anugerah langsung dari para dewata. Dalam goa umumnya terdapat aliran sungai, kelelawar, ular, dan stalagnit (endapan menyerupai batu tumbuh dari bawah goa mengarah ke langit-langit goa) maupun stalagtit (endapan yangmenyerupai bebatuan, muncul dari dinding/langit-langit goa mengarah ke lantai goa).Dalam perkembangannya, manusia memikirkan pola kehidupan baru dengan pola permukiman tetapserta dukungan teknologi yang kian canggih agar mampu mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
 
Meski kehidupan kian modern, namun kenyataan menunjukkan bahwa tradisi prasejarah atau kebudayaan di dalam goa tetap eksis dengan fungsi yang terus berkembang atau berubah. Kata “giri” itu sendiri artinya gunung, pegunungan atau bukit, sementara “putri” berarti wanita.Dalam konsep ajaran Hindu, “putri” yang dimaksud adalah nama simbolis bagi kekuatan Tuhan,memiliki sifat keibuan atau kewanitaan. Jadi Goa Giri Putri adalah sebuah ruang atau ronggadengan ukuran tertentu sebagai tempat bersemayam kekuatan Tuhan dalam manifestasinya berupa wanita (disebut Hyang Giri Putri), tiada lain adalah salah satu sakti dari kekuatan Tuhandalam wujud-Nya sebagai Siwa.
 
Di sini, Giri Putri adalah nama yang diberikan pada salah satugoa terbesar yang berada di Pulau Nusa Penida.Tiga PuraPada Purnama Kalima Wraspati Kliwon Klawu, 25 Oktober 2007, merupakan puncak KaryaAgung Mamungkah Ngenteg Linggih, Mapeselang Prayungan, lan Pedanan-danan. Piodalan di pura yang di-empon oleh 210 KK Krama Desa Pakraman Karangsari ini dilakukan tiap tahun,yakni pada Purnama Kadasa. Jika masyarakat Bali ingin bertirtayatra ke sana, maka tiga purautama yang menjadi tujuan adalah Pura Giri Putri, Pucak Mundi, dan Dalem Ped. Biasanya mereka bermalam di Dalem Ped lantaran tempatnya lebih luas, fasilitas mandi dan buang hajatmemadai. Pedagang pun banyak, dan suhu udara relatif tak terlalu dingin.

Sumber Artikel : https://agusbarker.wordpress.com