Jagatnatha

Oleh : sejarahbali | Dibaca : 1292Pengunjung

Sumber Foto :

Pura Jagatnatha adalah Candi Hindu terletak di pusat kota Denpasar. Hal ini tepatnya berada di jalan Mayor Wisnu sebelah timur lapangan Puputan Badung. Candi ini dikategorikan sebagai Pura Kahyangan dan menjadi mezbah bagi Tuhan bagi orang Hindu. Jika dibandingkan dengan nama Pura Kahyangan atau candi lainnya di sekitar Pulau Bali, nama ini candi diambil dari nama gunung atau desa yang relevan dengan candi yang terletak di kawasan Candi Besakih, daerah Pura Ulundanu Batur, Pura Lempuyang , Pura Andakasa, Pura Puncak Mangu  dan lainnya.
 
Informasi Wisata Bali, Pura Jagatnatha Denpasar Bali. Pura Jagatnatha adalah mengambil nama khusus yang tidak terlepas dari aspek konsepsi berbagai. Di antara candi di Bali, Pura Jagatnatha juga dibuka dengan menjalankan upacara kecil pada tanggal 13 Mei 1968. Keunikan Pura Jagatnatha tidak memiliki pengempon (kelompok masyarakat yang mengelola seperti candi). Sejak pembukaan candi, Pura Jagatnatha hanya memiliki beberapa orang yang mengatur dana untuk membangun sampai upacara sehari-hari. Hal ini ditangani oleh Jagatnatha pengembangan komite dengan orang-orang Hindu lainnya. Dalam pertumbuhan selanjutnya setelah Pura Jagatnatha telah dibangun, pelaksanaan upacara ditangani oleh komite Hindu Kudus Hari (PAHARA HINDU) yang merupakan kelembagaan personil yang berdasarkan Keputusan Lokal Bali Pemerintah.
Mereka personil PAHARA HINDU umumnya diambil dari pemerintah daerah Kabupaten Badung dan kota Denpasar. Saat ini, penuh dengan eksekusi ditangani oleh pemerintah kota Denpasar. Candi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh kata karena candi ini dibuka untuk tujuan wisata.

Sumber Artikel : http://jagatbali.com/in/attractive-places/pura-jagatnatha.html