I Gusti Ngurah Rai

Oleh : sejarahbali | Dibaca : 605Pengunjung

Sumber Foto :

Taman Kupu-kupu Bali adalah usaha kepariwisataan yang termasuk salah satu objek wisata populer di Kabupaten Tabanan. Telah berdiri sejak tahun 1996 dan dikelola oleh PT.Kupu-kupu Taman Lestari. Lokasinya di Jl.Batukaru, Br.Sandan Lebah, Desa Wanasari, Penebel, Tabanan – Bali. Tepatnya 6 Km ke arah utara dari pusat kota, Taman di buka setiap hari dari Jam 8.00 S/ d Jam 17.00 – 16.00 WITA.
 
Mungkin taman kupu-kupu Bali ini bisa menjadi salah satu obyek wisata alternatif ketika anda berlibur di Bali, apalagi bersama keluarga tersayang. Selain melihat koleksi kupu-kupu dari seluruh Indonesia, anak-anak juga bisa belajar tentang spesies kupu-kupu dan serangga yang menjadi koleksi di taman ini.
 
Selain tentang keaneka-ragaman hayati, anak-anak bisa diajarkan tentang konservasi binatang yang dilindungi. Tentu hal yang sangat menarik dan sangat mendidik belajar di alam bebas seperti di Taman Kupu-Kupu ini.
 
Menempati luas sekitar 1 Ha dan ada juga bagian dengan netting area (ruangan yang tertutup jaring) seluas 3700 m persegi yang fungsinya untuk melepaskan kupu-kupu yang berjumlah sekitar 3500 ekor per bulan, dan terdiri dari berbagai jenis kupu-kupu dari seluruh Indonesia.
 
Taman Kupu-kupu Bali juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti : Framing Butterfly (Bingkai isi kupu-kupu) , Framing Beetle (Bingkai isi kumbang), gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, paper weight (penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu dan aneka kerajinan lainnya yang bisa anda beli secara eceren atau grosiran.

Sumber Artikel :