Sejarah Hari Raya Saraswati, Dirayakan Umat Hindu Sebagai Simbol Ilmu Pengetahuan - SejarahBali.com

Asal Usul

Sejarah Hari Raya Saraswati, Dirayakan Umat Hindu Sebagai Simbol Ilmu Pengetahuan

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 12:05 WITA
Sejarah Hari Raya Saraswati, Dirayakan Umat Hindu Sebagai Simbol Ilmu Pengetahuan

Sejarahbali.com/Ilustrasi Dewi Saraswati

SejarahBali.com, Denpasar.
Banyak orang penasaran dengan sejarah hari raya Saraswati. Sebuah hari yang dirayakan umat Hindu sebagai simbol penghargaan pada pengetahuan dan seni. 
Hari raya Saraswati ternyata memiliki kaitan dengan Dewi Saraswati. Sejarah atau legenda nya menyebutkan bahwa Dewi Saraswati adalah istri dari Dewa Brahma.
Dewi Saraswati oleh umat hindu dipercayai sebagai sosok dewi yang melimpahkan ilmu pengetahuan, widya, dan sastra kepada umat manusia. Sebab itu dirinya kerap diyakini sebagai simbol ilmu pengetahuan dan seni oleh umat Hindu. 
Sosok Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok dewi yang duduk di atas bunga teratai. Dewi Saraswati tampak digambarkan memegang beberapa benda seperti kitab di tangan kiri, akshamala di tangan kanan, dan veena olah kedua tangan. Tidak hanya itu, Dewi Saraswati juga tampak ditemani seekor angsa dan burung merak.
Setelah ditelusuri ternyata gambaran tersebut adalah sebuah simbol-simbol yang memiliki makna khusus. Kitab di tangan kiri bermakna bahwa semua bentuk ilmu pengetahuan dan sains bersifat sekuler dan jangan diabaikan. 


Halaman :

TAGS : Saraswati Hari Raya Saraswati Sejarah Hari Raya Saraswati Makna Saraswati Dewi Saraswati Umat Hindu Rayakan Saraswati Saraswati Ilmu Pengetahuan Saraswati Simbol Ilmu Pengetahuan Makna Hari Raya Saraswati



Sejarah Terkait :


Sejarah Lainnya