Sejarah Pura Tirta Empul Tampaksiring, Dari Mata Air Beracun Jadi Kolam Suci - SejarahBali.com

Asal Usul

Sejarah Pura Tirta Empul Tampaksiring, Dari Mata Air Beracun Jadi Kolam Suci

Minggu, 29 Agustus 2021 | 08:40 WITA
Sejarah Pura Tirta Empul Tampaksiring, Dari Mata Air Beracun Jadi Kolam Suci

sejarahbali.com/Leiden University/Tirta Empul Tampaksiring 1928

SejarahBali.com, Gianyar.
Pura dan hindu jadi kata identik untuk menggambarkan Bali. Dari sekian banyak pura, yang satu ini begitu populer dikalangan turis.
Adalah Pura Tirta Empul di Tampaksiring. Pura ini memiliki julukan istana air karena cerita pembuatannya. Nama pura itu pun diambil langsung dari sumber air Tirta Empul. Dalam bahasa Hindu, Tirta Empul memiliki arti air yang menyembur keluar dari dalam tanah.
Dikisahkan dalam Lontar Usana Bali bahwa Tirta Empul atau Tirta Ri Air Hampul diciptakan oleh Bhatara Indra ketika ia sedang berperang dengan raja Mayanadenawa dari Bedahulu, raja tersebut diceritakan amat sakti dan memiliki kemampuan dapat menghilang. Karena kesaktiannya tersebut Mayanadenawa menganggap dirinya sebagai Tuhan, untuk alasan itulah kemudian Bhatara Indra memeranginya. Pada sebuah pertempuran yang terjadi di sebuah daerah, Mayanadenawa dan pasukannya terdesak, kemudian mereka berjalan dengan telapak kaki miring, maka dari itu, daerah tempat pertempuran tersebut kemudian dinamakan Tampaksiring.


Halaman :

TAGS : Tirta Empul Tampaksiring Gianyar Sejarah Sejarah Bali Mayanadenawa



Sejarah Terkait :


Sejarah Lainnya